Senin, November 19, 2012

Teguran Bidadariku


      Tidak bisa dipungkiri bahwa ingatan anak-anak lebih kuat dibandingkan dengan ingatan orang dewasa. Bahkan tingkat penyerapan informasi lebih cepat ditangkap oleh anak-anak dibandingkan orang dewasa. Hal ini terbukti oleh Nazia si cute my second girl. Sore itu kami hendak bersiap-siap pergi ke rumah nenek. Saat hendak mengeluarkan motor dari halaman rumah, tiba-tiba Nazia bersin. Selang berapa detik dia berkomentar..

“ Mi, umi tok gak biyang Alhamdulillah..” (Umi kok gak bilang Alhamdulillah maksudnya).

Astarghfirullah… mungkin karena sangking sibuknya dengan si motor aku terlewatkan untuk mengucapkan Alhamdulillah saat mendengar ia bersin.

“ Oiya ya.. umi lupa.. maaf ya..”, “Alhamdulillah..”, jawabku. “trus kita bilang apa lagi dek?”, tanyaku kembali.

“Yarhamukillah..” jawab kami berbarengan sambil tersenyum.

     Malam harinya sebelum tidur aku menjelaskan pada anak-anak bahwa setiap bersin kita harus mengucapkan Alhamdulillah. Setelah itu orang yang mendengarkannya harus menjawab Yarhamukillah untuk perempuan atau Yarhamukallah untuk laki-laki. Untuk mudahnya aku memberi contoh pada mereka.

Bila yang bersin umi, nenek, bunda, bu guru, kita mengucapkan Yarhamukillah.
Bila yang bersin abi, kakek, paman, kita mengucapkan Yarhamukallah.

Alhamdulillah anak-anak langsung paham. Hingga pada saat ini anak-anak sering protes bila mereka bersin tidak ada yang menjawab Yarhamukillah. Kadang reaksi spontan langsung mereka ucapkan.

“ nek, biyang Yarhamukillah!!”, ucap si adek dengan cadelnya bila setelah ia bersin dan mengucapkan Alhamdulillah tidak ada balasan Yarhamukillah dari orang disekitarnya.

Atau si kakak Aisha sering berbisik padaku, “ Mi, kok  nenek tante(panggilan untuk tanteku) gak bilang Yarhamukillah untuk Cutkak?”.

Atau sambil marah-marah karena kesal tidak ada balasan ketika bersin, Aisha berteriak, “ bilang Yarhamukillah Tati ( panggilan untuk bundanya)!.”

Alhamdulillah.. satu pelajaran telah berhasil mereka ingat dan praktekkan. semoga kita dapat saling mengingati ya sayang..

8 November 2012



          

Tidak ada komentar:

Posting Komentar