Senin, November 19, 2012

Kasian si Emo



          Teringat kembali kisah sehari sebelum hari raya Idul Adha 1433 H. Saat itu aku bersama dua orang anakku, Aisha 4 tahun dan Nazia 2,5 tahun pergi keliling Darussalam dengan mengendarai motor. Kami melewati para penjual daging yang sudah dikerumuni banyak pembeli. Aku sengaja mengendarai motorku dengan perlahan, dengan maksud agar anakku melihat daging sapi yang sudah  digantung dan ditumpuk-tumpuk untuk di jual. Saat melihat potongan kaki, paha dan kepala keduanya langsung menyerbuku dengan pertanyaan.

“Umi, kenapa mo nya dipotong mi? dia jahat ya?” Tanya si kakak Aisha.
“Iya umi.. sayang dia..” tambah sang adik.
“ gak sayang.. mo nya gak jahat. Dia dipotong supaya dagingnya bisa kita makan..nanti mo nya lagsung masuk surga”, jawabku.
“Kenapa masuk surga?”, Tanya mereka kembali.
“iyaa..karena dia udah baik sama kita, sudah kasih dagingnya untuk kita makan”, jawabku lagi.
“Kenapa dagingnya kita makan?”, Tanya adik.
“supaya kita sehat dan cepat besar. Daging mo kan bagus, bisa buat kita sehat..sama kayak ikan, ayam, udang, kan semuanya kita makan biar kita sehat dan cepat besar”, jawabku sambil berpikir keras jawaban apa yang mudah mereka cerna.
 “ tapi kan kepalanya, kakinya udah putus mi, apa nanti bisa di lem lagi?”Tanya si kakak.
          “ kita gak bisa lem lagi nak. Nanti Allah yang sambung lagi mo nya pas dia udah masuk ke dalam surga..”, jawabku kembali.

Pertanyaan-pertanyaan terus mengalir dari mulut mereka hingga kami sampai di rumah. Allahu Akbar.. semoga kami selalu siap dan sabar menjawab semua pertanyaan-pertanyaan yang mereka ajukan.. selalu bimbing kami untuk menjadi orangtua yang shaleh ya Allah..

Mo = Lembu/ sapi

2 November 2012 













                                                                        

Tidak ada komentar:

Posting Komentar