Rabu, November 21, 2012

Indahnya ukhuwah itu..


Masih teringat masa-masa SMA dulu saat kita aktif di Rohis. Aku rasa saat itu adalah masa terindah sekolahku. Ada damai, ada kasih, ada sayang, ada cinta, ada keikhlasan, ada ketulusan, ada kesabaran, ada pengorbanan, ada rasa saling memiliki, semua itu kita curahkan bersama-sama. Tidak ada perbedaan di antara kita, semua bercampur menjadi satu.

Bel sekolah bukan berarti tanda berpisah akan tiba. Malah bagi kita ini adalah saat untuk berkumpul kembali, berkumpul di mushalla tercinta kita. Bukan karena suatu keperluan, bukan karena ada suatu hal yang ingin dibicarakan ataupun sebuah pe-er yang ingin dikerjakan, tapi hanya untuk bertemu. Just it.

Belum afdhal rasanya pulang sekolah tidak berjumpa denganmu duhai sahabatku. Walau hanya lima menitpun jadi. Ucapan salam, jabatan hangat dan senyuman indah selalu engkau berikan. Allah.. indah sekali rasanya bila mengingat masa itu.

Sahabatku.. masihkah engkau ingat saat kita selalu semangat menghadiri kajian jum’atan selepas  pulang sekolah?

Sahabatku.. masihkah engkau ingat saat kita saling membantu untuk mengangkat air bersama ketika air untuk wudhu di kamar mandi sekolah telah habis?

Sahabatku.. masihkah engkau ingat saat kita jajan bersama di kantin ibu belakang? kita semua saling berbagi..

Sahabatku.. masihkah engkau ingat saat engkau yang mempunyai kendaraan selalu ikhlas untuk meminjamkan motormu pada teman yang membutuhkan bantuanmu?

Sahabatku.. masihkah engkau ingat saat kita saling membantu sahabat kita yang sedang dalam kesulitan..


Sahabatku.. masihkah engkau ingat saat pagi 14 Februari beberapa tahun yang lalu mading kita berhasil “menghipnotis” teman-teman untuk membaca artikel tentang Anti Valentine Day?

Sahabatku.. masih dapatkah engkau merasakan jabatan hangat tangan kita ketika kita hendak berpisah? Kita selalu enggan untuk melepas tangan duluan karena kita selalu ingin malaikat mendoakan kita?

Sahabatku.. Hingga saat terpenting dalam hidupku engkaupun hadir untuk mendoakanku..  terima kasih sahabatku.. Semua itu rasanya tak mudah bagiku untuk melupakannya.. semua begitu indah rasanya.. hingga saat ini.. saat kita semua telah berpisah. Saat kita semua telah sibuk dengan keluarga dan urusan kita masing- masing.

Memang sudah saat nya seperti ini, biarlah kenangan indah ini besemayam di dalam hatiku yang paling dalam, aku hanya berdoa semoga ukhuwah ini tetap ada meski jarak memisahkan kita. Biarlah kita jauh tapi hati ini selalu dekat. Biarlah kita jauh namun kita tetap saling mendoakan. Biarlah kita jauh namun komunikasi tetap ada diantara kita. Semoga anak cucu keturunan kita dapat merasakan seperti apa yang kita rasakan dahulu, merasakan cinta dalam ukhuwah. Aamiin ya Rabbal’alamiin..


“Hidup akan terasa begitu indah jika segalanya karena Allah. Dalam sakit dan musibah teruji kesabaran. Dalam ukhuwah teruji ketulusan. Dalam taqwa teruji keyakinan. Ukhuwah terletak bukan pada banyaknya pertemuan, bukan pula pada manisnya ucapan, tapi pada ingatan seseorang terhadap saudaranya dalam DO’A, walaupun dia jauh darinya. Mari kembali perkuat ukhuwah dengan tetap saling mendo’akan untuk semua kebaikan duia dan akhirat”.

(Special untuk sahabatku di Rohis FKRM SMU4 Banda Aceh)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar